Memang menjadi hal yang menjengkelkan bila daya baterai cepat habis. Terutama jika ponsel sedang sangat dibutuhkan. Daya ponsel yang lekas habis tidak selalu berarti baterai ponsel mengalami kerusakan. Hal ini bisa saja disebabkan karena adanya pemborosan dalam penggunaan daya baterai. Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai gadget Anda agar tidak boros, berikut ini ulasannya.

Tips Membuat Baterai Ponsel Lebih Awet

1. Gunakan Wallpaper yang Gelap

Wallpaper dengan efek gerak dan punya warna yang beragam memang lebih menarik perhatian. Namun efek bergerak dan warna pada wallpaper dapat menguras cukup banyak tenaga dari baterai. Pakailah saja wallpaper dengan warna gelap seperti warna  hitam polos tanpa ada efek apapun. Dengan demikian, daya baterai tidak lekas habis dan dapat bertahan lebih lama.

2. Mematikan Beberapa Aplikasi

Beberapa jenis aplikasi bawaan dari Google sangat cepat membuat baterai ponsel cepat habis. Jenis aplikasi bawaan seperti Google voice yang berguna untuk memudahkan pencarian di internet hanya dengan perintah suara, bisa menghabiskan banyak daya. Apabila dirasa aplikasi bawaan tertentu tidak diperlukan, lebih baik aplikasi tersebut di non-aktifkan saja.

Baca Juga : Kurangi Kecanduan Gadget Segera Lakukan Langkah-Langkah Ini

3. Lakukan Pembaruan Aplikasi

Banyak pengguna justru menunda pembaruan pada aplikasi dengan alasan terlalu malas atau aplikasinya dianggap masih punya kinerja yang baik. Padahal aplikasi yang tidak diperbaharui biasanya lebih banyak memakan daya baterai. Pembaruan aplikasi biasanya punya kecanggihan yang lebih baik.

Pembaruan aplikasi membuat aplikasi lebih ringan dan mudah untuk dijalankan oleh sistem. Sehingga baterai tidak mudah terkuras saat menjalankan aplikasi. Jika ada aplikasi yang tidak digunakan, baiknya hapus saja aplikasi tersebut. Sebab, aplikasi tak terpakai akan memberatkan kinerja ponsel dan membuat baterai cepat berkurang.

4. Pengaturan Kecerahan

Pengaturan pada kecerahan ponsel biasanya dibuat dengan tingkat terang yang cukup tinggi. Karena itu, atur kecerahan layar pada ponsel secara menual. Kurangi kecerahan pada ponsel namun tetap dalam tingkat yang nyaman untuk dipandang mata. Hal ini memang terlihat sederhana. Namun cara ini cukup efektif membuat baterai ponsel lebih tahan lama.

5. Batas Waktu Layar Mati

Layar akan mati dalam waktu tertentu setelah mendapat suatu respon ketukan. Untuk penghematan baterai, atur batas waktu layar mati menjadi lebih singkat. Lihatlah pada menu pengaturan. Buatlah supaya batas waktu layar mati berada pada batas waktu yang paling minimum. Semakin minim batas waktu layar mati yang diatur maka penghematan baterai menjadi lebih banyak.

Baca Juga : 7 Gadget Murah dengan Kamera Terbaik 2018, 2019

6. Mematikan Bluetooth

Semakin banyak peralatan pendukung ponsel yang tidak membutuhkan kabel untuk melakukan sambungan. Sebut saja headset hands free, speaker tanpa kabel, atau alat pendukung lain tanpa kabel. Alat ini memang lebih praktis dan canggih. Sayangnya, alat ini membutuhkan koneksi dari Bluetooth pada ponsel.

Penggunaan Bluetooth cukup banyak menyedot daya pada ponsel. Sebab itu, sebaiknya pilihlah alat nirkabel atau selalu matikan Bluetooth bila sudah tidak digunakan. Mematikan Bluetooth dapat membuat baterai ponsel bertahan hingga satu jam lebih banyak.

7. Matikan Efek Getar pada Ponsel

Banyak orang berpikir bahwa notifikasi dalam bentuk getaran lebih menghemat daya dibandingkan nada dering. Anggapan tersebut ternyata keliru. Getaran lebih banyak menggunakan daya baterai dibandingkan dengan nada dering. Sebab, nada dering hanya mengaktifkan speaker pada ponsel sedangkan getaran membutuhkan motor penggerak yang ada dalam ponsel.

8. Gunakan Mode Hemat Daya

Produk ponsel tertentu sudah menyertakan mode hemat daya dalam pengaturan baterai. Pemakaian mode ini efektif membuat ponsel melakukan pengaturan untuk menghemat baterai secara efisien. Mode ini dapat mengatur aplikasi yang berjalan di latar belakang, meredupkan kecerahan pada layar, mematikan getaran pada ponsel, dan pengaturan lain yang dibutuhkan.

Bila ponsel yang digunakan tidak punya fitur bawaan penghematan baterai. Pengguna dapat mencari sendiri aplikasi penghemat baterai. Aplikasi tersebut sudah banyak tersedia di Google Play.

Terkadang baterai ponsel cepat habis meskipun tidak banyak digunakan. Hal ini ternyata disebabkan oleh beberapa hal. Baterai ponsel lebih dapat dihemat dengan melakukan pembaruan aplikasi, mengurangi kecerahan layar, menggunakan mode hemat daya, dan lainnya.