Kebanyakan orang saat ini menghabiskan banyak waktu dengan main gadget. Bermain gadget pada dasarnya bukan masalah selama penggunaannya dalam batas yang normal. Namun, apa jadinya bila gadget sudah menimbulkan kecanduan sehingga sulit sekali bagi seseorang untuk melepaskan diri dari gadget. Sebagai langkah untuk menangani masalah ini, berikut ini akan dijelaskan cara-cara yang dapat ditempuh.

Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Gadget

1. Mematikan Koneksi Internet

Cara mudah yang bisa dilakukan ketika mengurangi efek kecanduan penggunaan gadget adalah dengan mematikan internet. Sebagian besar orang dapat yang melakukan aktivitas pada gadget membutuhkan koneksi internet. Adanya internet memudahkan penggunanya mengakses berbagai macam hal sehingga terasa seperti tidak ada habisnya.

Kemudahan dalam mengakses internet ini menjadi salah satu sumber seseorang menjadi kecanduan gadget. Karena itu, matikanlah koneksi internet dan hanya menyalakannya sesaat ketika dibutuhkan. Apabila di rumah terpasang WIFI maka matikan juga koneksi WIFI.

2. Batasi Media Sosial

Gadget menjadi sarana mengakses media sosial dengan cara yang mudah. Seringkali kecanduan gadget diawali dengan kerap mengakses media sosial. Banyak orang yang setiap hari dan setiap jam selalu mengakses media sosial. Entah untuk melihat notifikasi, melihat akun orang lain, atau melakukan aktivitas lain di media sosial.

Semakin banyak akun media sosial maka jumlah waktu yang dihabiskan untuk mengelola akun menjadi makin banyak. Cara paling ampuh mengatasi kecanduan gadget karena hal ini, yakni dengan mengaktifkan satu akun media sosial dan mematikan akun lainnya. Dengan begitu, waktu yang dihabiskan untuk beraktivitas di media sosial dengan menggunakan gadget menjadi berkurang.

3. Jangan Pakai Powerbank

Powerbank memang alat terbaik untuk memastikan gadget tidak kehabisan baterai. Akan tetapi, kemudahan mendapat suplai daya baterai ini justru akan memperberat kecanduan gadget. Sebab, pengguna menjadi lebih sering menggunakan gadget tanpa khawatir tingkat daya baterai.

Karena gadget selalu dapat digunakan, maka sulit bagi pengguna yang kecanduan gadget untuk mengatur dirinya. Oleh karena itu, pengguna gadget dianjurkan untuk tidak membawa atau memakai powerbank. Sehingga pengguna menjadi lebih sadar untuk membatasi pemakaian gadget. Serta dapat menggunakannya hanya pada saat diperlukan saja.

Baca Juga : 6 Gadget Keren dengan Harga Murah Dibawah 1 Juta

4. Sebelum Tidur Matikan Gadget

Satu kesalahan yang sering dilakukan orang yang membuatnya jadi kecanduan gadget yakni mengakses gadget sebelum tidur. Mungkin aktivitas gadget yang dilakukan sebelum tidur hanya sekadar melihat notifikasi atau melihat aktivitas media sosial orang lain. Kebiasaan ini dapat memperburuk kondisi kecanduan dan menurunkan kualitas tidur di malam hari.

Matikanlah gadget setidaknya 1 jam sebelum waktu tidur. Cara ini akan membuat akses gadget di malam hari menjadi berkurang. Karena, tidak akan ada notifikasi yang masuk dan mengganggu waktu tidur.

5. Pasang Pengingat

Membatasi diri untuk tidak mengakses gadget secara berlebihan memang bukan hal yang mudah. Selain selalu mengingatkan diri sendiri, cobalah untuk menggunakan hal lain sebagai pengingat. Buatlah memo untuk mengingatkan batasan waktu pemakaian gadget lalu pasang di tempat yang mudah dilihat. Bisa juga dengan memasang alarm pengingat batasan waktu menggunakan gadget.

6. Cari Aktivitas Lain

Orang punya kecenderungan mengakses gadget lebih lama ketika sedang menunggu atau ada waktu senggang. Ubah kebiasaan tersebut dengan melakukan aktivitas lain. Carilah aktivitas yang dapat dinikmati dan bermanfaat. Salah satunya dengan membaca buku atau jalan-jalan. Semakin banyak aktivitas santai lain yang dilakukan maka keinginan untuk mengakses gadget akan makin berkurang.

Kehidupan orang masa kini memang tidak bisa dilepaskan dari gadget. Kebiasaan menggunakan gadget bila tidak dibatasi dapat menimbulkan kecanduan. Apabila sudah kecanduan lakukan penanganan dengan membatasi waktu pemakaian gadget, tidak menggunakan powerbank, mencari aktivitas lain, dan masih banyak cara lainnya.