Menu

Mode Gelap
3 Tingkatan Kamera Canon dan Harganya Sony Alpha 1: Kamera Sony Termahal Saat Ini InPods 12: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kualitasnya 5 Drone Murah Terbaik Dibawah 500 Ribu 5 Urutan Kamera Canon Terbaik Sampai Terendah 2023

Handphone · 29 Mar 2023 22:40 WIB

Genderang Perang Kamera HP yang Bagus 2023 Dimulai!


Genderang Perang Kamera HP yang Bagus 2023 Dimulai! Perbesar

Kamera HP yang Bagus – Tahun 2023 atau setiap awal tahun merupakan momen yang dinanti-nanti oleh gadget enthusiast, bagaimana tidak banyak ponsel-ponsel flagship yang rilis pada awal tahun ini dan semuanya membawa inovasi besar yang merupakan lompatan teknologi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sebut saja Samsung S23 Series yang mampu membuat kagum gadget enthusiast. Ia saat ini menjadi ponsel tercepat dengan performa kamera mengagumkan, terlebih kemampuan telephotonya yang belum ada tandingan.

Tak ingin ketinggalan momentum, Xiaomi kemudian merilis Xiaomi 13 Series dengan spesifikasi yang tak kalah mengagumkan. Terlebih ia bekerjasama dengan Leica untuk meramu komponen kameranya dan baru-baru ini meluncur ke pasaran meskipun baru tersedia di Tiongkok yaitu andalan dari Oppo, siapa lagi kalau bukan Oppo Find X6 Pro hasil kolaborasi dengan Hasselblad seperti seri sebelumnya.

Hanya Samsung S23 Series yang Resmi Beredar di Indonesia

Kamera HP yang Bagus

Dari ketiga ponsel flagship yang telah disebutkan di atas, hanya Samsung yang sudah beredar secara resmi. Ia dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yaitu mulai dari 13 jutaan hingga 26 Juta Rupiah, dengan spesifikasi kamera pada seri S23 Ultra sebagai berikut. Kamera utama bersolusi 200 MP, merupakan resolusi terbesar di kelasnya, ia juga didukung oleh kamera sekunder beresolusi 12 MP ultrawide, kemudian 10 MP Telefoto 3x optical zoom, dan 10 MP Telefoto 10x optical zoom.

Kamera HP yang Bagus

Dengan kombinasi tersebut Samsung menghadirkan fitur baru yaitu astrophotography dimana penggunanya dapat memotret rasi bintang, hingga menangkap foto bulan secara detail melalui fitur astrophoto. Tidak kalah menariknya, ia bisa menangkap jejak bintang melalui fitur astrohyperlapse, tentunya jauh lebih baik ketimbang pendahulunya yaitu S22 ultra.

Kamera HP yang Bagus

Ponsel berbandrol 26 juta ini juga memiliki kamera selfie yang tak kalah spesial, berbekal resolusi 12 MP dengan bukaan diafragma f/2.2 membuatnya dapat diandalkan untuk selfie di kondisi cahaya minim, dengan kemampuan kamera tersebut S23 Ultra dapat meraih skor Dxomark sebesar 140 membuatnya berada di peringkat 14 besar smartphone berkamera terbaik versi Dxomark.

Pada sektor dapur pacu ia dilengkapi dengan chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2 yang mendapat tuningan spesial untuk Galaxy Series. Ia memiliki RAM 12 GB serta memiliki ROM/memori internal sebesar 256 GB hingga yang termahal 1 TB. Ia juga memiliki sistem operasi Android 13 dengan balutan User Interface khas Samsung yaitu One UI 5.1.

Untuk menunjang powernya yang buas ia dibekali dengan baterai sebesar 5000 mAh dengan kemampuan fast charging 45 watt yang membuatnya mampu terisi 65% dari 0% dalam waktu 30 menit, ia juga dilengkapi dengan kemampuan wireless charging 10 watt.

S23 Ultra juga dilengkapi dengan fingerprint under display, dukungan konektivitas 5G, dan yang paling spesial adalah hadirnya Spen pada tipe Ultra ini. Hadirnya Spen tentu membuat penggemar Samsung Galaxy Note Series bersuka cita mengingat Note Series dari Samsung tersebut sudah disuntik mati.

Xiaomi dan Oppo Menggunakan Sensor Kamera Mutakhir dari Sony

Jika tadi kita membahas Samsung S23 Ultra sebagai ponsel dengan kamera terbaik yang dapat Anda beli, maka saat ini kita akan membahas besutan Xiaomi dan juga Oppo yang digadang-gadang akan masuk secara resmi di Indonesia dan tentunya memiliki kamera HP yang bagus.

Xiaomi dengan Xiaomi 13 Pro dan Oppo dengan Find X6 Pro ternyata kompak menggunakan sensor kamera Sony IMX989 dengan besar 1 inci, terbesar di kelasnya. Sesuatu yang menjadi pembeda adalah Xiaomi menggandeng Leica pada sektor kamera, kamera utamanya beresolusi 50 MP memiliki aperture 1.9 dengan OIS, kemudian didukung dengan kamera telephoto 50 MP 3x optical zoom dengan bukaan diafragma 2.0, dan yang terakhir 50 MP ultrawide dengan aperture 2.2.

Kamera HP yang Bagus

Ketiga kamera di atas dioptimalisasi softwarenya oleh Leica. Kamera depan menggunakan resolusi 32 MP dengan layar berbentuk punchole khas flagship masa kini, melalui situs Dxomark kemampuan kamera Xiaomi 13 Pro ini mendapatkan skor 136 atau berada di peringkat 17.

Sedangkan Oppo menggandeng Hasselblad, tidak hanya berhenti disitu Oppo memiliki kelebihan sendiri dimana Kameranya dibekali dengan inhouse NPU yang diberi nama Marisilicon X untuk lebih mengoptimalkan kemampuan kameranya.

Kamera HP yang Bagus

Oppo juga membekali Find X6 Pro dengan kamera ultrawide dengan sensor Sony IMX890 dengan aperture 2.2, serta kamera periskop berfocal length 65mm dengan sensor yang sama. Kolaborasi dengan Hasselblad membuahkan fitur ekstra pada Oppo yaitu diantaranya adalah adanya fitur Hasselblad natural colour, Hasselblad Pro mode, mode XPAN, Panorama dan lain-lain.

Meskipun demikian, keduanya memiliki hasil kamera nyaris serupa, dengan karakteristik tone warna yang lebih “gonjreng” terang bahkan cenderung berbeda dengan kondisi asli dari objek yang di foto. Hasil kamera ini khas dengan Leica maupun Hasselblad yang menjadi partnernya masing-masing.

Hasil kamera yang cenderung lebih bagus daripada aslinya ini membuat Gadget Hoki terkesima. Memang lebih bagus dan karakter ini merupakan kesukaan konsumen, namun tetap saja terasa tidak “real”. Dalam beberapa skenario penggunaan Samsung S23 Ultra mampu menangkap objek lebih detail dengan tone warna apa adanya tanpa dipoles, sementara Oppo mampu menangkap objek dengan tone warna bagus namun ia mengorbankan detail-detail yang harusnya dapat terlihat jelas seperti pada Samsung, ada kesan cat air atau kuas pada detail foto Oppo.

Tone warna yang menarik pada Xiaomi 13 Pro dan Oppo Find X6 Pro tentu memiliki kelebihan sendiri. Ia memudahkan penggunanya untuk langsung mengunggah hasil jepretannya tanpa perlu melakukan editing apapun, terlebih adanya watermark Leica pada Xiaomi dan Hasselblad pada Oppo membuatnya terkesan lebih “up class” dengan harga yang sejatinya lebih murah dari pada Samsung S23 Ultra.

Spesifikasi Dapur Pacu yang Identik

Kamera HP yang Bagus

Selayaknya ponsel flagship tentu memiliki spesifikasi terbaik dari seluruh jajaran ponsel masing-masing merek, begitu pula dengan Xiaomi 13 Pro dan Oppo Find X6 Pro. Mereka sama-sama dibekali dapur pacu mutakhir dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 gen 2, dengan RAM sebesar 12 GB dan pilihan ROM sebesar 256 – 512 GB pada Xiaomi.

Kamera HP yang Bagus

Sementara pada Oppo ia dibekali dengan RAM 12 GB hingga 16 GB dan ROM sebesar 256 – 512 GB. Pada sektor baterai Xiaomi menanam baterai sebesar 4820 mAh dengan kecepatan charging hingga 120 watt, lebih besar ketimbang Oppo yang hanya support hingga 100 watt, namun Oppo memiliki kapasitas baterai yang lebih besar sedikit yaitu di 5000 mAh dan ia mendukung wireless fast charging sebesar 50 watt, jauh di atas Samsung yang masih bermain di kisaran 10 watt.

Perbandingan Harga

Oppo menjual perangkatnya seharga 15,6 jutaan di Tiongkok, sementara Xiaomi menjual perangkatnya diharga 16 jutaan. Mereka jauh lebih murah hingga hampir 10 juta jika dibandingkan dengan Samsung, namun Samsung memiliki keunggulan dimana ia memiliki memory hingga 1 TB, 2 kali lipat lebih besar dari Xiaomi dan Oppo. Menarik bukan? Mari kita simak berapa harga yang akan ditawarkan oleh Xiaomi dan Oppo untuk menebus perangkat andalan mereka ketika sudah resmi beredar di Indonesia.

Kesimpulan

Ketiga ponsel ini menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda. Samsung dengan Astrography dan Spen yang multifungsi, sementara Oppo Find X6 Pro dan Xiaomi 13 Pro menawarkan sensasi memotret dengan kamera eksotis Leica dan Hasselblad yang memberikan tone warna menarik, siap untuk disebar melalui sosial media, mereka sama-sama memiliki dapur pacu termutakhir tahun ini.

Tentunya pilihan dikembalikan kepada Anda, apakah memerlukan smartphone dengan harga semahal Galaxy S23 Ultra yang memiliki kamera HP yang bagus namun juga memiliki banyak kelebihan lainnya yang siap menunjang kebutuhan harian Anda, atau cukup dengan Oppo maupun Xiaomi yang memiliki spesifikasi serupa namun dengan harga yang lebih terjangkau? Salam Hoki!

Artikel ini telah dibaca 32 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

HP Xiaomi Termurah 2021 yang Masih Bernilai Hingga 2023!

27 March 2023 - 12:41 WIB

OPPO Find X5 Pro: HP OPPO yang Bagus Kameranya!

23 March 2023 - 12:19 WIB

HP dengan RAM Tertinggi 2023

23 March 2023 - 04:59 WIB

Sensor Kamera Redmi Note 10 Pro, Ponsel yang Menawan!

22 March 2023 - 11:09 WIB

Ini Dia Deretan RAM HP Paling Tinggi Di Range Harga 1 Jutaan

21 March 2023 - 15:57 WIB

Trending di Handphone