Menu

Mode Gelap
3 Tingkatan Kamera Canon dan Harganya Sony Alpha 1: Kamera Sony Termahal Saat Ini InPods 12: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kualitasnya 5 Drone Murah Terbaik Dibawah 500 Ribu 5 Urutan Kamera Canon Terbaik Sampai Terendah 2023

Kamera · 1 Apr 2023 07:50 WIB

Beda DSLR dan Mirrorless yang Perlu Anda Ketahui!


Beda DSLR dan Mirrorless yang Perlu Anda Ketahui! Perbesar

Beda DSLR dan Mirrorless – Saat ini banyak sekali jenis-jenis kamera yang beredar di pasaran. 2 jenis kamera yang sangat populer saat ini yaitu kamera DSLR dan juga kamera mirrorless. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebelum kita membahas perbedaan antara keduanya, mari kita mengenal dulu apa itu kamera DSLR dan juga mirorrless.

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) ialah jenis kamera yang menggunakan sistem cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder atau penglihatan langsung pada layar LCD. Saat kita menekan tombol rana pada kamera DSLR, cermin di dalam kamera akan mengangkat untuk membiarkan cahaya masuk ke sensor gambar.

Sedangkan, kamera mirrorless tidak memiliki cermin. Cahaya dari lensa langsung diteruskan ke sensor gambar yang ada pada kamera. Sehingga, saat kita memotret, penglihatan langsung akan ditampilkan pada layar LCD atau electronic viewfinder.

Setelah mengenal 2 jenis kamera tersebut, mari kita bahas beberapa perbedaan yang dimiliki antara keduanya, mari simak artikel di bawah!

Ukuran dan Bobot

Salah satu perbedaan yang paling mencolok yaitu dari segitu ukuran, dimana kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil dan sudah pasti bebannya lebih ringan juga dibandingkan dengan kamera DSLR. Hal ini membuat kamera mirrorless lebih praktis untuk dibawa kemana-mana dalam situasi apapun.

Walaupun ukuran dan bobotnya lebih besar, kamera DSLR umumnya lebih kokoh dan juga lebih stabil saat digunakan. Sehinga, apabila dalam kondisi yang sulit atau tangan yang mudah gemetar lebih baik menggunakan kamera ini.

Autofokus

Sistem autofokus yang ada pada kamera DSLR biasanya lebih cepat dan akurat dibanding dengan kamera mirrorless. Hal ini dikarenakan kamera DSLR menggunakan sensor khusus yang disebut dengan Phase Detection.

Akan tetapi dengan berkembangnya teknologi, kamera mirrorless keluaran terbaru saat ini ditanamkan teknologi terbaru yaitu hybrid focus yang mampu menghasilkan sistem autofokus yang juga cepat dan akurat, bahkan objek yang bergerak dengan cepat sekalipun.

Kualitas Gambar

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR dan mirrorless sebenarnya sama baiknya. Namun, terdapat beberapa perbedaan hasil jepretan kamera mirrorless dan DSLR yang perlu Anda perhatikan.

Kamera DSLR memiliki sensor gambar yang lebih besar dibandingkan kamera mirrorless. Hal ini membuatnya dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik dalam kondisi cahaya yang minim atau ketika Anda ingin menghasilkan foto dengan efek yang lebih menarik.

Sementara itu, kamera mirrorless memiliki sensor gambar yang lebih kecil. Namun, kamera mirrorless dilengkapi dengan teknologi terbaru yang membuatnya mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang sama baiknya seperti kamera DSLR.

Kecepatan Burst dan Kualitas Video

Kecepatan burst merupakan jumlah foto yang dapat diambil dalam satu detik. Kamera DSLR memiliki kecepatan burst yang lebih tinggi daripada kamera mirrorless dengan spesifikasi yang setara. Namun, kamera mirrorless lebih unggul soal kualitas video, karena lebih mudah untuk merekam video berkualitas tinggi dengan kamera ini.

Harga

Dari segi harga umumnya kamera mirrorless lebih mahal dibanding dengan kamera DSLR pada spesifikasi yang setara. Namun, saat ini kamera mirrorless sudah semakin terjangkau dan dapat bersaing secara harga dengan kamera DSLR

Beda DSLR dan Mirrorless

Selain perbedaan yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kamera DSLR ataupun mirrorless.

Renungi beberapa hal seperti kebutuhan jenis fotografi yang ingin Anda lakukan, ketersediaan jenis lensa dari masing-masing kamera, hingga fitur-fitur yang dimilikinya.

Kamera DSLR biasanya lebih cocok untuk jenis fotografi di bidang seperti olahraga yang mana objeknya bergerak dengan cepat. Di sisi lain, kamera mirrorless lebih bagus digunakan dengan objek yang tidak terlalu banyak bergerak dan memiliki kondisi pencahayaan yang cukup.

Selain itu, pilihan lensa juga perlu diperhatikan dalam menentukan kamera. Kamera DSLR memiliki varian lensa yang lebih banyak dan begitu beragam. Sedangkan, kamera mirrorless masih cukup terbatas pada pilihan lensa yang tersedia, meskipun saat ini sudah semakin mulai banyak pilihan lensa untuk kamera mirrorless.

Terakhir, fitur tambahan pada kamera juga perlu dipertimbangkan. Kamera DSLR biasanya dilengkapi dengan fitur tambahan seperti tombol pengaturan ISO dan tombol pemotretan burst. Sedangkan, kamera mirrorless dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti touchscreen, Wi-Fi, dan NFC.

Meskipun kamera DSLR dan mirrorless memiliki perbedaan dalam hal sistem viewfinder, ukuran maupun bobot, serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kamera, tidak ada pilihan yang salah atau benar.

Paling penting adalah memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan juga budget  Anda. Dari situ, Anda akan dapat menghasilkan foto-foto yang berkualitas dan menganggumkan.

Demikianlah ulasan mengenai beda  kamera DSLR dan mirrorless yang dapat Gadget Hoki berikan. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang bingung menentukan kamera yang sesuai dengan kebutuhan fotografi Anda, Salam Hoki!

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

3 Tingkatan Kamera Canon dan Harganya

10 April 2023 - 09:15 WIB

6 Rekomendasi Lensa Kamera Canon yang Bagus

9 April 2023 - 15:10 WIB

Sony Alpha 1: Kamera Sony Termahal Saat Ini

7 April 2023 - 12:51 WIB

7 Jenis Lensa yang Digunakan Pada Kamera

5 April 2023 - 10:54 WIB

5 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Videografi

4 April 2023 - 09:06 WIB

5 Rekomendasi Kamera Mirorrless Murah

31 March 2023 - 15:54 WIB

Trending di Kamera