Menu

Mode Gelap
3 Tingkatan Kamera Canon dan Harganya Sony Alpha 1: Kamera Sony Termahal Saat Ini InPods 12: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kualitasnya 5 Drone Murah Terbaik Dibawah 500 Ribu 5 Urutan Kamera Canon Terbaik Sampai Terendah 2023

Kamera · 22 Mar 2023 06:43 WIB

Perbedaan Hasil Jepretan Kamera Mirrorless dan DSLR


Perbedaan Hasil Jepretan Kamera Mirrorless dan DSLR Perbesar

Perbedaan Hasil Jepretan Kamera Mirrorless dan DSLR – Sejak dulu telah menjadi perbincangan yang cukup menarik untuk dibahas yaitu apa perbedaan antara kamera mirrorless dan DSLR. Sebelum kita bahas lebih lanjut kita perlu mengetahui apa itu kamera mirrorless dan juga apa itu DSLR.

DSLR (Digital Single Lens Reflect) kalau kita lihat di dalamnya terdapat sistem mekanisme cermin.  Sedangkan satu lagi kenapa disebut mirrorless? Karena di bagian dalam kameranya tidak terdapat sistem mekanisme cermin seperti DSLR. Hal tersebut yang membuat kamera mirrorless lebih kecil dibandingkan dengan DSLR.

Hadirnya kamera mirrorless ini sangat disambut hangat karena hasil foto yang sudah setara dengan DSLR kelas menengah, akan tetapi untuk profesional lebih disarankan tetap menggunakan DSLR karena hasilnya diakui lebih unggul.

Kamera mirrorless hadir dengan kesederhanaan, dimana bentuknya yang handy, simple, gampang dioperasikan, hingga kualitas yang sudah sangat baik. Sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kegiatan dengan mobilitas dan produktifitas yang tinggi.

Bagi Anda yang masih ragu mau pilih kamera mirrorless atau DSLR, simak perbedaan hasil jepretan kamera mirrorless dan DSLR berikut ini untuk lebih memantapkan pilihan Anda!

1. Canon 5D Mark IV vs Sony A7R IV

Perbedaan Hasil Jepretan Kamera Mirrorless dan DSLR
sumber: Bach Photography

Bach berpendapat bahwa 2 kamera di atas bagus untuk dapat dibandingkan. Di lokasi pertama, Bach memotret dengan lensa 85mm dan mencoba menjaga perbandingan antara  foto-foto ini seadil mungkin.

Jadi Bach memotret pada aperture yang sama untuk kedua foto, ISO yang sama, dan kemudian jika kondisi pencahayaan berubah Bach mencoba untuk menjaga kecepatan rana semirip mungkin sambil mempertahankan eksposur yang sama, sehingga sebagian besar pengaturan berjalan  menjadi identik dan yang terpenting kualitas gambar akan tetap sama persis.

Dari hasil di atas dapat dilihat bahwa kamera mirrorless di sini berfungsi dengan baik. Dalam hal kedalaman warna dan juga keseimbangan warna gambar lebih baik, akan tetapi perbedaan nyata akan terlihat ketika kita memperbesar foto karena kamera mirrorless memiliki jumlah megapiksel yang jauh lebih tinggi daripada DSLR.

Perbedaan Hasil Jepretan Kamera Mirrorless dan DSLR
sumber: Bach Photography

Di lokasi kedua, Bach memotret sama dengan sebelumnya yaitu menggunakan lensa 85mm f 1.4. Keduanya diambil pada aperture terendah f 1.4 dengan kecepatan rana dari 1 320 detik dan ISO 200, jadi disini pengaturannya sama.

Foto di atas merupakan format JPEG dan keduanya sama sekali tidak diedit, satu-satunya perubahan pada file mentah ialah kamera itu sendiri.

Dapat dilihat keseimbangan warna dari kedua foto di atas sangat mirip dan itu adalah sesuatu yang dapat diharapkan pada hari yang cerah ketika kita memotret dengan matahari menghadap ke arah objek. Dari segi warna, foto sebelah kiri yang diambil dengan kamera canon lebih merah, akan tetapi dari segitu fokus di foto sebelah kanan sedikit lebih padat, dapat dilihat dari belakang objek.

Menurut Bach di lokasi kedua ini dimenangkan oleh kamera Canon atau DSLR, dinilai dari segi warna dan tampilan gambar keseluruhan.

2. Olympus OMD EM-10 vs Canon 6D

Perbedaan Hasil Jepretan Kamera Mirrorless dan DSLR
sumber: www.43rumors.com

Kamera mirrorless hadir menjadi pesaing yang sangat kuat bagi DSLR yang mana sebelumnya selalu diunggulkan dalam dunia fotografi.

Dari gambar di atas, dapat dilihat bahwa kualitas foto antara 2 kamera cukup setara, dari segi warna foto sebelah kanan lebih terang dibandingkan dengan foto sebelah kiri.
Walaupun lebih kecil dari DSLR, namun sensor yang ada di kamera mirorrless sudah setara dengan yang dimiliki oleh DSLR.

Beberapa kamera mirrorless sudah mengusung teknologi Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC), yaitu lensa yang dipasang di kamera mirrorless dapat disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh fotografer.

Dari kemampuan tersebut, kamera mirorrless sangat memungkinkan digunakan oleh penggunanya untuk mengekplorasi macam-macam teknik pengambilan foto, sehingga tidak kalah apik dengan foto yang diambil menggunakan DSLR.

3. Nikon Z6II vs Nikon D610

Perbedaan Hasil Jepretan Kamera Mirrorless dan DSLR
sumber: Omar Gonzalez Photography

Dari hasil foto di atas Omar ingin menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda benar-benar dapat memotret menggunakan DSLR seperti mirrorless dan juga sebaliknya bagaimana Anda dapat memotret menggunakan mirrorless seperti DSLR.

Omar berkata kita harus  mulai dengan mengatakan bahwa tidak masalah yang mana yang Anda miliki jika pencarian Anda adalah mencari tahu kamera mana yang mengambil gambar lebih baik yang lebih bergantung pada pencahayaan dan komposisi dan seberapa bagus Anda sebagai fotografer, tetapi ketahuilah bahwa keduanya dapat mengambil  potret-potret yang luar biasa.

Dari hasil foto di atas, kedua foto tersebut memiliki kualitas yang sama luar biasanya. Secara keseluruhan, dari segi warna, keseimbangan, maupun tingkat fokusnya memiliki kualitas yang setara.

Demikian pembahasan mengenai perbedaan hasil jepretan kamera mirrorless dan DSLR. Sesuaikan lah beberapa faktor dalam menentukan kamera yang ingin Anda pinang, mulai dari budget hingga kebutuhannya. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda dalam menentukan keputusan untuk memilih kamera, Salam Hoki!

Artikel ini telah dibaca 95 kali

badge-check

Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

3 Tingkatan Kamera Canon dan Harganya

10 April 2023 - 09:15 WIB

6 Rekomendasi Lensa Kamera Canon yang Bagus

9 April 2023 - 15:10 WIB

Sony Alpha 1: Kamera Sony Termahal Saat Ini

7 April 2023 - 12:51 WIB

7 Jenis Lensa yang Digunakan Pada Kamera

5 April 2023 - 10:54 WIB

5 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Videografi

4 April 2023 - 09:06 WIB

Beda DSLR dan Mirrorless yang Perlu Anda Ketahui!

1 April 2023 - 07:50 WIB

Trending di Kamera