Menu

Mode Gelap
3 Tingkatan Kamera Canon dan Harganya Sony Alpha 1: Kamera Sony Termahal Saat Ini InPods 12: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kualitasnya 5 Drone Murah Terbaik Dibawah 500 Ribu 5 Urutan Kamera Canon Terbaik Sampai Terendah 2023

TWS · 31 Mar 2023 05:39 WIB

TWS: Artinya, Kelebihan, dan Kelemahan


TWS: Artinya, Kelebihan, dan Kelemahan Perbesar

TWS Artinya – TWS adalah true wireless stereo, tentu bagi gadget freak istilah tersebut sudah tidak asing lagi, ia adalah wearable device yang saat ini banyak digandrungi orang karena segudang kelebihan yang dimilikinya sebagai pengganti earphone. Yap secara fungsi TWS persis dengan earphone, dimana ia digunakan untuk mendengarkan music, menonton video, bertelepon maupun kegiatan-kegiatan lainnya yang sama dengan kegunaan earphone.

Apa itu TWS?

tws artinya

Sesuai dengan namanya ia merupakan perangkat audio nirkabel yang dapat menghasilkan suara stereo, ia beroperasi menggunakan Bluetooth untuk dapat tersambung dan mentransmisikan suara dari ponsel Anda.

Kelebihan TWS

Ia memiliki beragam kelebihan jika dibandingkan dengan Earphone berkabel, diantaranya sebagai berikut :

  1. Ukuran yang compact dan mudah dibawa kemana saja, TWS umumnya memiliki ukuran kompak, ia tidak memakan tempat dan karena bentuknya yang nirkabel maka Anda tidak perlu kerepotan untuk mengurai kabel seperti pada earphone setiap kali ingin menggunakannya
  2. Minim potensi rusak, TWS memiliki case yang juga berfungsi sebagai charger untuk mengisi daya TWS, karena memiliki case maka ia lebih awet jika dibandingkan dengan earphone berkabel yang rawan rusak jika kabel tersebut ditekuk/lipat berkali-kali dalam kurun waktu lama
  3. Ruang gerak pengguna yang lebih bebas, karena tidak memiliki kabel maka ia menghasilkan ruang gerak yang amat bebas bagi penggunanya. Sehingga TWS sangat cocok untuk menemani aktifitas Anda mulai dari jogging, senam, membersihkan rumah, berkebun maupun banyak aktifitas lainnya yang membutuhkan mobilitas tinggi
  4. Mudah untuk kustomisasi equalizer, TWS memiliki keunikan dimana karakteristik suaranya dapat diatur melalui equalizer yang terdapat pada aplikasi bawaan TWS, berbeda dengan earphone yang amat bergantung pada aplikasi  music bawaan ponsel

Kelemahan TWS

Di balik banyaknya kelebihan TWS, ia memiliki beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan earphone berkabel, diantaranya adalah :

  1. Latensi suara, TWS umumnya memiliki masalah pada latensi suara, ia tidak dapat realtime mengirimkan suara dari ponsel ke TWS maupun sebaliknya, ia memiliki selisih yang terbilang kecil berkisar puluhan millisecond jika dibandingkan Earphone, hal ini tentu mengganggu penggunanya terlebih jika TWS digunakan untuk bermain game. Namun demikian, seiring perkembangan zaman, masalah ini dapat diminimalisir dengan mengaktifkan gaming mode pada TWS (jika memang tersedia fitur tersebut)
  2. Memerlukan baterai, berbeda dengan earphone yang siap sedia kapanpun digunakan, TWS memiliki baterai yang membuanya harus discharge setiap habis daya baterainya, disinilah letak kegunaan charging case pada TWS
  3. Kualitas suara belum sebaik earphone konvensional, seperti yang kita ketahui bahwa suara lebih cepat dan optimal jika merambat melalui media logam seperti tembaga pada kabel, untuk menghasilkan suara berkualitas maka pengguna TWS memerlukan budget lebih besar untuk membeli TWS dengan sepsifikasi khusus ketimbang earphone dengan kualitas bagus, pun demikian hingga saat ini kualitas TWS belum dapat menandingi earphone berkabel, terlebih banyak earphone berkabel yang dapat ditingkatkan kualitas suaranya melalui penggantian/upgrade kabel

Kelemahan-kelemahan tersebut melahirkan inovasi-inovasi yang tak kalah hebat, diantaranya adalah versi Bluetooth yang terus ditingkatkan agar mampu menghasilkan latensi minim dan juga koneksi yang stabil.

Kemudian adanya peningkatan pada codec yang dapat meningkatkan kualitas audio hingga saat ini yang termutakhir adalah aptX lossless, dimana ia mampu menghadirkan kualitas audio setara CD pada sebuah Earphone TWS, sebelumnya TWS juga mampu mensupport beberapa codec diantaraya AAC dan SBC.

TWS Artinya

Inovasi ini kemudian dilanjutkan dengan hadirnya Snapdragon Sound, yaitu versi lebih lengkap daripada aptX lossless dimana ia juga minim latensi, peredaman suara menyeluruh/surround sehingga membuat pengalaman mendengarkan menjadi lebih natural dan imersif.

Lalu, diklaim bebas glitch meskipun berada pada frekuensi yang padat, semisal banyak pemakai TWS lain sehingga memungkinkan untuk menghindari terjadinya gangguan frekuensi.

Kemudian hadirnya inovasi yang dapat menghasilkan panggilan suara bebas gema, baik dari mikrofon itu sendiri atau dari fitur noise cancelling yang aktif.

Snapdragon Audio juga didukung boleh AI sehingga dapat mendeteksi suara-suara eksternal yang dianggap penting sehingga dapat memberikan informasi kepada penggunanya saat pengguna lengah karena tenggelam dalam game, musik ataupun konfrensi online yang ia hadiri.

Ia juga dilengkapi perekaman suara yang lebih sempurna sehingga diharapkan hasil dari rekaman suara tersebut menjadi sama dengan apa yang seharusnya telinga kita dengar.

Sayangnya Audio dengan fitur Snapdragon Audio masih terbilang cukup mahal, Anda harus menebus TWS tersebut dengan harga mulai dari 700 ribuan rupiah, meskipun demikian TWS itu sendiri memiliki range harga yang luas mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Itu dia rangkuman tentang arti dari TWS, kelebihan, dan juga kelemahannya yang dapat Gadget Hoki sajikan untuk Anda. Tertarik untuk meminang TWS pertama Anda? Salam Hoki!

Artikel ini telah dibaca 53 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

Inilah 5 TWS Terbaik Untuk iPhone yang Wajib Kamu Tahu

13 January 2024 - 05:38 WIB

Haylou GT7: TWS Bersuara Emas dengan Harga Miring!

8 April 2023 - 12:19 WIB

Haylou GT6: TWS All Rounder yang Jarang Orang Lirik

6 April 2023 - 16:45 WIB

Cara Pakai InPods 12, Cloningan AirPods Gen 1 yang Murah Meriah

3 April 2023 - 12:21 WIB

InPods 12: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kualitasnya

3 April 2023 - 09:51 WIB

Trending di TWS