Menu

Mode Gelap
3 Tingkatan Kamera Canon dan Harganya Sony Alpha 1: Kamera Sony Termahal Saat Ini InPods 12: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kualitasnya 5 Drone Murah Terbaik Dibawah 500 Ribu 5 Urutan Kamera Canon Terbaik Sampai Terendah 2023

TWS · 3 Apr 2023 12:21 WIB

Cara Pakai InPods 12, Cloningan AirPods Gen 1 yang Murah Meriah


 Cara Pakai InPods 12, Cloningan AirPods Gen 1 yang Murah Meriah Perbesar

Cara Pakai InPods 12 – TWS ini harganya begitu murah dan amat digandrungi oleh netizen. Bentuknya yang menyerupai AirPods, varian warna yang beragam, adanya pop up Windows layaknya AirPods original, dan harga yang sangat terjangkau dimana Anda dapat menebusnya dengan merogoh kocek tak sampai 100 ribu saja. Itulah deretan alasan yang membuat netizen tertarik dengan TWS ini, lantas seperti apa spesifikasinya dan bagaimana cara pakai InPods 12 ini? Simak ulasan lengkap berikut ini!

Fitur InPods 12

InPods 12 hadir dengan spesifikasi yang bisa dibilang biasa saja untuk tahun 2023, ia masih menggunakan Bluetooth 5.0 dimana TWS lain sudah menggunakan Bluetooth dengan versi jauh lebih tinggi yaitu 5.3. Meskipun demikian, ia diklaim memiliki jarak penggunaan hingga 10 meter.

Kemudian dilengkapi dengan baterai 35 mAh dengan klaim waktu pemakaian 3 hingga 4 jam, charging casenya sendiri berkapasitas 200 mAh, terbilang cukup kecil untuk sebuah TWS dimana ia diklaim dapat mengisi daya i12 series ini hingga 4 kali. Spesifikasi yang cukup sederhana untuk sebuah TWS di tahun 2023.

Kelebihan yang diunggulkan pada InPods ini adalah kemampuannya untuk auto connect ke ponsel iPhone hingga muncul pop up Windows yang menyerupai AirPods asli, yang menjadikannya berbeda adalah pada pop up Windows tersebut ia tidak dapat diganti namanya seperti AirPods asli.

InPods 12 sendiri saat ini sudah banyak mengalami perkembangan atau perubahan bentuk dari semulai yang menyerupai AirPods Gen 1, kini tersedia juga varian yang menyerupai AirPods Gen 2, baik dari tampilan hingga pada kelengkapan dalam dusnya.

Pada beberapa toko terdapat keterangan yang menyatakan bahwa TWS ini memiliki sertifikat ip rating 67 dimana itu berarti ia tahan air, namun demikian Gadget Hoki merasa sangsi dengan apa yang tertulis pada toko tersebut mengingat harga TWS ini yang bahkan tidak sampai 100 ribu rupiah, ada baiknya jika Anda mengabaikan spesifikasi anti air pada TWS ini.

TWS ini dibuat benar-benar menyerupai AirPods, yang menjadi pembeda adalah pada charging casenya. Ia tidak terdapat tombol yang dapat ditekan seperti pada AirPods Gen 1, kemudian indikator pada batang TWS ini berwarna merah dan berkedip-kedip ketika Anda melakukan pairing ke smartphone, sedangkan pada AirPods indikator ini tidak ada.

Uniknya kabel yang digunakan pada InPods i12 ini adalah kabel lightning, serupa dengan AirPods. Gadget hoki berasumsi bahwa InPods 12 series merupakan produk rebrand dari tiongkok, dimana seperti yang kita ketahui dan telah menjadi rahasia umum, kita dapat me-request bentuk hingga merek ke pabrik pembuatannya di tiongkok. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk ini merupakan produk imitasi dengan sedikit ubahan menyesuaikan selera pemesannya.

InPods mengclaim bentuk yang benar-benar serupa dengan AirPods, dengan rasio perbandingan 1:1. Lantas bagaimana dengan kualitas suaranya? Apakah dapat menyerupai AirPods? Sayangnya jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah tidak, ya tidak sama sekali menyerupai AirPods.

InPods i12 memiliki karakter suara yang flat, treblenya terdengar tipis nan melengking, sementara di sektor lain terlihat sangat kurang menonjol. Bassnya terdengar agak sember jika dipaksa dengan volume penuh maka suaranya akan pecah, yang mengagumkan dari produk ini adalah ia mampu menghasilkan suara dengan volume besar, sehingga Anda tidak perlu menyetel volume suara hingga mendekati full, cukup berada pada kisaran 20-40 % saja Anda sudah dapat menikmati audio TWS ini.

Sementara dari segi sound staging, InPods 12 series ini terasa sempit karena desainnya yang open ear. Untuk microphonenya TWS ini cukup handal, ia minim glitch dan suara yang dihasilkan melalui mic cukup jelas meskipun tanpa fitur noise cancelling seperti pada AirPods, agaknya TWS ini lebih cocok digunakan untuk bertelepon atau meeting online daripada digunakan untuk mendengarkan musik.

Banyak Issue dan Kendala Pada Produk Ini

Issue yang umum dialami konsumen adalah dari segi durablitias produk yang tidak baik. Kerap kali konsumen mengalami kendala pada TWS tersebut mati sebelah secara tiba-tiba, kemudian juga waktu penggunaan tidak sampai 3 jam, padahal klaimnya sendiri 3-4 jam.

Meskipun banyak kendala, namun banyak toko yang juga bersedia memberikan garansi hingga 6 bulan. Di pasaran banyak yang menjual InPods i12 dengan harga bahkan dibawah 50 ribu rupiah.

Jika ada toko yang berani memberi garansi hingga 6 bulan tentu tidak akan keheranan, karena sejatinya mereka kemungkinan besar telah melakukan markup harga sehingga dapat memberikan jaminan garansi toko. Bayangkan saja Anda membeli sebuah produk dengan bentuk dan kualitas harga dibawah 50 ribu, namun harus merogoh kocek lebih dalam demi jaminan garansi 6 bulan yang kita sendiri tidak tahu bagaimana cara mengclaimnya.

Cara Pakai InPods 12

Mengingat adanya dugaan kuat bahwa InPods i12 ini merupakan produk tidak bermerek buatan Tiongkok yang di-rebrand secara massif sehingga banyak sekali tipe-tipe yang beredar di pasaran, yang tentu saja memiliki spesifikasi agak berbeda untuk tiap tipe dengan merek yang sama. Maka akan sulit bagi pengguna untuk mencari cara penggunaan yang tepat, Gadget Hoki sudah coba rangkum beberapa tipe InPods dan cara penggunaannya sebagai berikut:

Untuk versi non pop up (Android)

  1. Buka case InPods lalu keluarkan TWS, pastikan charging case dalam kondisi penuh terisi
  2. Tunggu hingga indikator merah berkedip dan berubah menjadi merah tanpa kedip ketika sepasang TWS tersebut sudah terkoneksi
  3. Sambungkan dengan ponsel Anda melalui menu Bluetooth dan cari perangkat yang bertuliskan InPods 12 atau Bluetooth TWS, hingga indikator TWS berwarna biru
  4. Anda sudah dapat menikmati TWS ini

Untuk versi pop up iOS (iPhone)

  1. Nyalakan Bluetooth pada iPhone
  2. Pastikan charging case dalam kondisi penuh terisi atau cukup daya
  3. Buka charging case InPods tanpa perlu mengeluarkan TWS, sambungkan dengan Bluetooth ponsel
  4. Pada ponsel iPhone Anda akan muncul notifikasi pop up AirPods, yang menandakan bahwa InPods 12 telah terhubung dan TWS siap digunakan

Kesimpulan

InPods 12 merupakan alternatif TWS murah meriah yang dapat Anda pinang dengan catatan Anda tidak malu ataupun gengsi untuk menggunakan produk tiruan. Sejatinya TWS ini ternyata cukup cocok untuk digunakan saat meeting online atau bertelpon,  cocok juga untuk dijadikan TWS cadangan yang selalu siap sedia di tas Anda.

Jika Anda berkeinginan meminang TWS ini untuk menikmati musik, saran Gadget Hoki adalah bersabarlah untuk menabung dan belilah merek lain yang memiiki kualitas jauh di atas InPods 12 ini seperti Baseus, Redmi Bud, Haylou Series, ataupun TWS murah dari brand ternama lainnya. Salam Hoki!

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lainnya

Inilah 5 TWS Terbaik Untuk iPhone yang Wajib Kamu Tahu

13 January 2024 - 05:38 WIB

Haylou GT7: TWS Bersuara Emas dengan Harga Miring!

8 April 2023 - 12:19 WIB

Haylou GT6: TWS All Rounder yang Jarang Orang Lirik

6 April 2023 - 16:45 WIB

InPods 12: Spesifikasi, Kelebihan, dan Kualitasnya

3 April 2023 - 09:51 WIB

TWS: Artinya, Kelebihan, dan Kelemahan

31 March 2023 - 05:39 WIB

Trending di TWS